'/> Buku Mikrobiologi Kelas X Smk Paket Keahlian Kimia Analisis

Info Populer 2022

Buku Mikrobiologi Kelas X Smk Paket Keahlian Kimia Analisis

Buku Mikrobiologi Kelas X Smk Paket Keahlian Kimia Analisis
Buku Mikrobiologi Kelas X Smk Paket Keahlian Kimia Analisis
Berikut ini yaitu berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013. Download file format PDF.

Buku Teks Bahan Ajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan Kemdikbud RI. 

 Berikut ini yaitu berkas Buku Mikrobiologi Kelas X  Buku Mikrobiologi Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis
Buku Mikrobiologi Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013

Buku Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.:

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran meliputi kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pembelajaran kelas X dan XI jenjang Pendidikan Menengah Kejuruhan yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. Buku siswa ini diberisi materi pembelajaran yang membekali akseptor didik dengan pengetahuan, keterapilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasai secara kongkrit dan abstrak, dan perilaku sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharuskan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serp siswa dengan ketersediaan aktivitas buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Deskripsi
Buku ini berisikan wacana identifikasi bakteri, khamir dan kapang; jenis � jenis bakteri, khamir dan kapang. Penggolongan bakteri, khamir dan kapang . Kondisi optimum aneka macam bakteri, khamir dan kapang, dan cara mengidentifikasi/menggolongkan bakteri, khamir dan kapang.

Pembuatan Media Pertumbuhan (bahan dasar media, jenis- jenis media pertumbuhan menurut sifat fisik, komposisi, tujuan (selektif, diperkaya) sifat- sifat media, komposisi media pertumbuhan, dan teknik pembuatan media).

Melakukan sterilisasi dan uji sterilitas (prinsip dan tujuan sterilisasi, pengoperasian neraca, inkubator dan autoclave, sterilisasi ruangan, sterilisasi peralatan, sterilisasi media, materi kimia untuk sterilisasi ruangan (meja, inkas pekerja, dan lain - lain).

Inokulasi dan isolasi (peralatan untuk isolasi dan inokulasi , maca �macam teknik preparasi pengambilan sampel mikroba , ciri-ciri basil Gram negatif dan Gram positif, teknik pengecatan bakteri, macam�macam teknik penanaman, cara mendapat kultur murni ( pengenceran bertingkat, goresan), menguji kultur murni.

Pembuatan produk dan atau pengolahan limbah dengan memakai jasa mikroba: materi baku atau media untuk pembuatan produk makanan/minuman/bahan industri, jenis mikroba yang dipakai untuk proses fermentasi dalam pembuatan produk makanan/minuman/atau materi industri, kondisi optimum proses fermentasi, pengendalian proses fermentasi pembuatan produk industri secara fermentasi, pemisahan produk 

Prasarat
Sebelum mempelajari buku mikrobiologi ini siswa disyaratkan telah mempelajari materi biologi.

Petunjuk Penggunaan Buku

Penjelasan bagi Peserta Didik
  1. Bacalah Buku ini secara berurutan dari Kata Pengantar hingga Daftar Cek Kemampuan, pahami dengan benar isi dari setiap babnya.
  2. Setelah Anda mengisi Cek Kemampuan, apakah Anda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari buku ini? Apabila Anda menjawab Ya, maka pelajari buku ini.
  3. Laksanakan semua kiprah yang ada dalam modul ini semoga kompetensi Anda berkembang sesuai standar.
  4. Lakukan aktivitas berguru untuk mendapat kompetensi sesuai dengan yang disetujui oleh Guru.
  5. Setiap mempelajari satu sub kompetensi, Anda harus mulai dari memahami tujuan aktivitas pembelajarannya, menguasai pengetahuan pendukung (Uraian Materi), melakukan tugas-tugas dan mengerjakan soal latihan.
  6. Setelah simpulan mempelajari modul ini silahkan Anda mengerjakan latihan.
  7. Laksanakan Lembar Kerja untuk pembentukan psikomotorik skills hingga Anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan kiprah ini, konsultasikan dengan guru.
  8. Setelah Anda merasa benar-benar menguasai seluruh aktivitas berguru dalam modul ini, mintalah penilaian dari guru.

Peran Guru
  1. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing siswa melalui tugas-tugas training yang dijelaskan dalam tahap belajar. 
  3. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek gres serta menjawab pertanyaan siswa mengenai proses berguru siswa.
  4. Membantu siswa untuk memilih dan mengakses sumber perhiasan lain yang dibutuhkan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan aktivitas berguru kelompok jikalau diperlukan.
  6. Melaksanakan penilaian.
  7. Menjelaskan kepada siswa mengenai kepingan yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan planning pembelajaran selanjutnya.
  8. Mencatat pencapaian kemajuan siswa.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari buku ini siswa bisa :
  1. Menganalisis ciri-ciri koloni dan sel jamur, bakteri, dan yeast secara mikroskopis
  2. Melaksanakan identifikasi jamur, bakteri, dan yeast dengan mikroskop
  3. Menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam menciptakan media
  4. Membuat media untuk pertumbuhan dan isolasi
  5. Menerapkan konsep dan prinsip teknik sterilisasi dan uji sterilitas
  6. Menerapkan konsep dan prinsip teknik isolasi dan inokulasi
  7. Melaksanakan isolasi dan inokulasi
  8. Menerapkan jenis dan sifat serta kondisi optimum pertumbuhan mikroba untuk proses pembuatan makanan/minuman/bahan bakar/pengolahan limbah
  9. Melaksanakan pembuatan makanan/minuman/bahan bakar/pengolahan limbah

    Download Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013. ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.



    Download File:
    Buku Mikrobiologi Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Mikrobiologi Kelas X (10) Sekolah Menengah kejuruan Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.. Semoga bisa bermanfaat.
    Advertisement

    Iklan Sidebar